Loading...
Sunday, November 08, 2015

Panen Tanaman Hidroponik dan Cara Memasaknya

Minggu ini saya sangat bahagia sekali, yupss bisa ditebak tanaman hidroponik yang saya urus dari tahap penyemaian bisa dipanen dan dapat pujian orang. Berawal dari iseng ada botol bekas tidak minuman tidak terpakai teronggok dipojok rumah, pas saat itu disamping tempat saya tinggal sedang ada Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional 2015 yang memamerkan segala produk teknologi dan pertanian. Wahh ternyata ada yang menjual larutan AB Mix untuk tanaman hidroponik dan berbagai bibit tanaman, tanpa berpikir panjang saya langsung beli dan malamnya langsung saya semai bibit kangkung yang saya beli tadi. 
http://egienews.blogspot.co.id/2015/11/panen-tanaman-hidroponik-dan-cara.html
Tanaman Hidroponik
Cara menanam hidroponik akan saya jelaskan pada kesempatan lain, singkat cerita sudah 3 minggu  berlalu saya menanan kangkung dengan cara hidroponik dan sisanya di pot, tanpa menyiram setiap pagi tanamanku tumuh subur, daunnyapun menghijau sama seperti kita menanan pada media tanah yang rajin dipukuk dan disiram setiap hari. Saya tidak mengira dalam waktu tersebut sudah bisa dipanen. Walaupun malam tadi habis begadang ngebenerin blog ini karena habis dibanned mbah google, pagi ini saya tetap semangat ada kangkung hidroponik yang siap saya panen.
Cara memanen kangkung hidroponik sangatlah mudah seperti pada umumnya kita mengambil sayur di kebun. Potonglah 3 cm batang kangkung dari permukaan tanah, fungsinya kita menyisahkan potongan 3 cm yang masih menempel dapat dijadikan bibit baru yang akan melahirkan pohon kangkung yang baru, umumnya pasca panen  seperti saya 2-3 minggu sudah bisa dipanen lagi. "Wah enak dong sekali nanam bisa berkali-kali jadi irit ni belanja?"  benar sekali apa lagi jika anda mempunyai ruang yang lebih besar untuk penanaman berbagai sayuran dan buah hidroponik akan sangat membantu keuangan anda dalam hal berbelanja.
Setelah panen selesai saatnya memasak ala chef Egi!!! 
Karena kangkung mempunyai banyak cara pengolaannya pada minggu ini saya akan mencoba masak kangkung dikombinasikan tempe dengan aroma terasi yang maknyuss.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tumis kangkung sebagi berikut:
  • Kangkung hidroponik yang kita ambil tadi, bersihkan dan siangi, sisihkan
  • 2 siung Bawang Merah, iris tipis, sisihkan
  • 1 siung Bawang Putih, iris tipis, sisihkan
  • 3 sendok makan minyak goreng, untuk menumis
  • 5 buah cabe merah, iris serong tipis, sisihkan
  • Tempe, Secukupnya
  • 150 ml Air
  • Gula putih, secukupnya
  • Garam, secukupnya
  • Kecap Manis, secukupnya
Bagi yang sudah jago masak maaf-maaf ini saya jadi seperti mengajari ikan berenang, buat yang baru belajar masak bisa ikuti cara saya:
  • Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang merah hingga wangi baunya
  • Masukkan pula cabe merah iris aduk-aduk lanjutkan dengan memasukkan tempe sampai bumbu meresap setlah itu masukan kangkung yang sudah disiangi. Aduk sebentar, tambahkan air
  • Tambahkan gula, garam dan kecap manis, aduk hingga rata jangan lupa cicipi
  • Masak hingga bumbu meresap. Angkat dan hidangkan ketika masih hangat
Dibawah ini hasil tumis kangkung dikombinasikan tempe dengan aroma terasi yang maknyuss ala chef Egi. Pagi ini saya menikmatinya dengan teman kantor yang kebetulan satu rumah, saat dia makan saya tanya enak tumis kangkungnya? "Enak banget gurih rasanya, dapat kangkung dari mana?" ujarnya. "Itu hasil panen kangkung hidroponik yang saya tanam dibotol dan pot", sempat tercengang dan saya lihat dia coba meyakinkan diri dengan tumis kangkung nikmat yang sedang dimakannya dengan lahap "mantap"ucapnya.
 Selamat makannnn... dan teruslah berbagi.

0 komentar:

 
TOP